MODEL AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: TOKO SHENAZ FASHION)

Penulis

  • Herva Rangga Sistem Informasi

Kata Kunci:

Model AIDA, Strategi Pemasaran Online, Pandemi Covid-19.

Abstrak

Tercatat dari tahun 2020 penjualan brand andalannya yaitu pakaian dan aksesoris wanita mengalami penurunan penjualan hingga 40%. Menurut pemilik Shenaz Fashion sebelum adanya pandemi Covid-19 penjualan tertinggi perharinya mencapai 45 produk. Namun saat ini penjualan tertinggi hanya mencapai 15 produk saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengimplementasikan Model Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Sebagai Strategi Pemasaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Toko Shenaz Fashion). Sistem dibangun menggunakan model Etreme Programming (XP) dengan pengujian menggunakan ISO 25010. Hasil dalam penelitian ini adalah Sistem Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Sebagai Strategi Pemasaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Toko Shenaz Fashion) berhasil di implementasikan menggunakan kosep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yaitu menampilkan promosi yang sedang aktif ketika pelanggan pertama kali membuka sistem belanja online, penambahan detail produk, pada setiap produk yang sudah dibeli terdapat review komentar dengan ratting yang diberikan konsumen serta adanya tombol checkout dengan warna yang cerah dan dominan menjadikan konsumen ingin tahu langkah selanjutnya sehingga terjadi transaksi.

Referensi

Ahluwalia, L. (2020). EMPOWERMENT LEADERSHIP AND PERFORMANCE: ANTECEDENTS. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(1), 283. Http://Www.Nostarch.Com/Javascriptforkids%0Ahttp://Www.Investopedia.Com/Terms/I/In_Specie.Asp%0Ahttp://Dspace.Ucuenca.Edu.Ec/Bitstream/123456789/35612/1/Trabajo De Titulacion.Pdf%0Ahttps://Educacion.Gob.Ec/Wp-Content/Uploads/Downloads/2019/01/GUIA-METODOL

Allafi, I., & Iqbal, T. (2018). Design And Implementation Of A Low Cost Web Server Using ESP32 For Real-Time Photovoltaic System Monitoring. 2017 IEEE Electrical Power And Energy Conference, EPEC 2017, 2017-Octob, 1–5. Https://Doi.Org/10.1109/EPEC.2017.8286184

Anggarini, D. R., Nani, D. A., & Aprianto, W. (2021). Penguatan Kelembagaan Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Petani Kopi Pada GAPOKTAN Sumber Murni Lampung (SML). Sricommerce: Journal Of Sriwijaya Community Services, 2(1), 59–66. Https://Doi.Org/10.29259/Jscs.V2i1.59

Anisa Martadala, D., Redi Susanto, E., & Ahmad, I. (2021). Model Desa Cerdas Dalam Pelayanan Administrasi (Studi Kasus: Desa Kotabaru Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Oku Timur). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 40–51. Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/JTSI

Azmi, M., Kharisma, A. P., & Akbar, M. A. (2019). Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online Dengan Metode Design Thinking ( Studi Kasus Grabfood ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 7963–7972.

Budiman, A., Sunariyo, S., & Jupriyadi, J. (2021). Sistem Informasi Monitoring Dan Pemeliharaan Penggunaan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition). Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 168. Https://Doi.Org/10.33365/Jtk.V15i2.1159

Damayanti, Warsito, Meilinda, Manurung, P., & Sembiring, S. (2019). E-Crm Information System For Tapis Lampung Smes. Journal Of Physics: Conference Series, 1338(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1338/1/012051

Dwinta, H. (2017). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MEMBELI BARANG ONLINE: STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Fadly, M., & Alita, D. (2021). Optimalisasi Pemasaran Umkm Melalui E-MARKETING MENGGUNAKAN MODEL AIDA PADA MISS MOJITO LAMPUNG. 4(3), 416–422.

Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Pada Kepuasan Dan Keterlibatan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Niat Pembelian Di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal Of Theory And Applied Management, 13(3), 254. Https://Doi.Org/10.20473/Jmtt.V13i3.19967

Febrian, A., & Fadly, M. (2021). The Impact Of Customer Satisfaction With EWOM And Brand Equity On E-Commerce Purchase Intentiofebrian, A., & Fadly, M. (2021). The Impact Of Customer Satisfaction With EWOM And Brand Equity On E-Commerce Purchase Intention In Indonesia Moderated By Cultur. Binus Business Review, 12(1), 41–51. Https://Doi.Org/10.21512/Bbr.V12i1.6419

Hendrastuty, N., Ihza, Y., Ring Road Utara, J., & Lor, J. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Santri Berbasis Android. Jdmsi, 2(2), 21–34.

Huda, A. M. S., & Fernando, Y. (2021). E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 96–103.

Ismatullah, H., & Adrian, Q. J. (2021). Implementasi Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Ikatan Keluarga Alumni Santri Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa …, 2(2), 3–10. Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika/Article/View/924

Jayadi, A. (2022). Pelatihan Aplikasi Administrasi Perangkat Desa Sidosari, Lampung Selatan. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (JSSTCS), 3(1), 85. Https://Doi.Org/10.33365/Jsstcs.V3i1.1770

Jobli, M. I. Bin, Monir, D. K. B., & Peng, K. K. (2011). Analysis Of Waste Thermal Energy From Banana Peels Using Decomposition Process For Heat Generation. 2011 IEEE 1st Conference On Clean Energy And Technology, CET 2011, 19–22. Https://Doi.Org/10.1109/CET.2011.6041452

Kusniyati, H. (2016). Culture Is A Way Of Life That Developed And Shared By A Group Of People , And Inherited From One Technology As A Competitive Sector That Can Added Value To The Business Processes That Run . The Development Of Information And Communication Technology Make. APLIKASI EDUKASI BUDAYA TOBA SAMOSIR BERBASIS ANDROID Harni, 9(1), 9–18.

Mardiani, A. S., & Wardhana, A. (2018). The Effect Of Brand Ambassador Towards Buyers Interest Of Bandung Kunafe Cake. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Bandung Kunafe Cake, 5(2), 2577–2583.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V2i2.1979

MENANI, ZAELMA, S., & NOVITA, D. (2021). STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING DAN MERAIH PELUANG MELALUI SOSIAL MEDIA DI UMKM KERIPIK LATEB JAYA BANDAR LAMPUNG. 1(1), 1–9.

Munthe, R. D., Brata, K. C., & Fanani, L. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(7), 2680.

Novian, D., Dwinanto, A., & Mulyanto, A. (2019). The Application Of Cooperative Learning Methods In The Developing And Analyzing The Quality Of An Educational Game. Journal Of Physics: Conference Series, 1387(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1387/1/012122

Nurkholis, A., & Saputra, E. (2021). E-Health Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Layanan Klinik. 15(2), 127–133.

Oktaviani, L., Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 337–369.

Oktora, E. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI E-MARKETING MENGGUNAKAN PENDEKATAN AIDA (STUDI KASUS: PT NEDCOFFEE INDONESIA MAKMUR JAYA). Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia.

Pandu Buana, Y., & Destiani Siti Fatimah, D. (2016). Pengembangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kelinci. Jurnal Algoritma, 12(2), 596–601. Https://Doi.Org/10.33364/Algoritma/V.12-2.596

Permatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Oleh Strategi Sebagai Variabel Intervening Pada Warupermatasari, B., Permatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). Kepuapermatasari, B., & Anggarini, D. R. (2020). Kepuasan Konsumen Dipengaruhi Oleh Strategi Sebagai Variabel In. Jurnal Manajerial, 19(2), 99–111.

Prasetyo, K., & Suharyanto, S. . (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Ikitama Jakarta. Jurnal Teknik Komputer, 5(1), 119–126. Https://Doi.Org/10.31294/Jtk.V5i1.4967

Priandika, A. T., & Widiantoro, W. (2021). PENERAPAN METODE DESAIN SPRINT PADA SISTEM MOBILE. 15(2), 121–126.

Putri, S. Eka Y. (2020). Penerapan Model Naive Bayes Untuk Memprediksi Potensi Pendaftaran Siswa Di Smk Taman Siswa Teluk Betung Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 93–99. Https://Doi.Org/10.33365/Jatika.V1i1.228

Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020). Aplikasi E-Commerce Petshop Dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. Https://Doi.Org/10.36309/Goi.V26i1.120

Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (JSSTCS), 1(1), 27–32.

Sanger, J. B., Sitanayah, L., & Ahmad, I. (2021). A Sensor-Based Garbage Gas Detection System. 2021 IEEE 11th Annual Computing And Communication Workshop And Conference, CCWC 2021, February, 1347–1353. Https://Doi.Org/10.1109/CCWC51732.2021.9376147

Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism Sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal Of Community Service Learning, 6(2).

Sari, F. M., & Oktaviani, L. (2021). Undergraduate Students’ Views On The Use Of Online Learning Platform During COVID-19 Pandemic. Teknosastik, 19(1), 41. Https://Doi.Org/10.33365/Ts.V19i1.896

Sulistiani, H., Setiawansyah, S., & Darwis, D. (2020). Penerapan Metode Agile Untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) Pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari). Jurnal Coreit: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 6(1), 50–56.

Wahyudi, A. D., Surahman, A., & ... (2021). Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model Dan 3D Objek. Jurnal Informatika …, 6(1), 35–40. Http://Ejournal.Poltektegal.Ac.Id/Index.Php/Informatika/Article/View/2304

Windane, W. W., & Lathifah, L. (2021). E-Commerce Toko Fisago.Co Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3), 285–303. Https://Doi.Org/10.33365/Jatika.V2i3.1139

Yanuarsyah, M. R., Muhaqiqin, M., & ... (2021). Arsitektur Informasi Pada Sistem Pengelolaan Persediaan Barang (Studi Kasus: Upt Puskesmas Rawat Inap Pardasuka Pringsewu). Jurnal Teknologi Dan …, 2(2), 61–68. Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Sisteminformasi/Article/View/869

Yulianti, D. T., Damayanti, D., & Prastowo, A. T. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klink Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 32–39.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-13

Terbitan

Bagian

##section.default.title##