RANCANG BANGUN MEDIA PENGENALAN HURUF DAN KATA DALAM TIGA BAHASA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA PAUD HIDAYATULLAH

Penulis

  • vera yolanda Sistem Informasi

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Huruf Dan Kata Dalam Tiga Bahasa.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi melalui media elektronik berbasis multimedia membantu menumbuhkan minat belajar secara mandiri mampu mengembangkan kreatifitas dan pemahaman anak didik dalam belajar. Hal ini harus mulai dikenalkan sejak usia dini. Sampai saat ini kendala sistem pembelajaran yang penulis lihat selama melakukan riset adalah kurangnya metode pembelajaran yang baik dalam proses pembelajaran seperti, perkenalan pembelajaran masih berupa buku dan papan tulis dengan tampilan yang kurang menarik dikarenakan kurang adanya gambar-gambar menarik, warna dan animasi. Sehingga perlu menggunakan aplikasi media pembelajaran menggunakan tiga bahasa, yaitu: bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Lampung, memotivasi siswa agar dapat aktif dan  memahami dalam belajar.  Multimedia interaktif umumnya disajikan dengan bahasa pemrograman yang bersifat visualisasi dan dengan menggunakan suara, teks, gambar. Dalam perkembangannya, teknologi multimedia sangat diperlukan dalam teknik pembelajaran. Metode pembelajaran berbasis multimedia, diharapkan menambah semangat belajar terhadap bidang yang dibahas, selain itu pemahaman terhadap suatu materi  akan lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami jika disampaikan dengan metode visualisasi.

Referensi

ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(3), 493–509.

Akbar, M., & Rahmanto, Y. (2020). Desain Data Warehouse Penjualan Menggunakan Nine Step Methodology Untuk Business Intelegency Pada Pt Bangun Mitra Makmur. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 137–146.

Alita, D., & Isnain, A. R. (2020). Pendeteksian Sarkasme Pada Proses Analisis Sentimen Menggunakan Random Forest Classifier. Jurnal Komputasi, 8(2), 50–58.

Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Game Edukasi Vr Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode Mdlc Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 88–93.

Borman, R. I., Mayangsari, M., & Muslihudin, M. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Perumahan Di Pringsewu Selatan Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making. Jurnal Teknologi Komputer Dan Sistem Informasi, 1(1), 5–9.

Borman, R. I., Napianto, R., Nurlandari, P., & Abidin, Z. (2020). Implementasi Certainty Factor Dalam Mengatasi Ketidakpastian Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kuda Laut. Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 7(1), 1–8.

Borman, R. I., Syahputra, K., Jupriyadi, J., & Prasetyawan, P. (2018). Implementasi Internet Of Things Pada Aplikasi Monitoring Kereta Api Dengan Geolocation Information System. Seminar Nasional Teknik Elektro, 2018, 322–327.

Damayanti, N. N. (2019). Sistem Informasi Manajemen Penggajian Dan Penilaian Kinerja Pegawai Pada Smk Taman Siswa Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik), 6(4).

Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2021). Kajian Dan Praktik Ekranisasi Cerpen Perempuan Di Rumah Panggung Ke Film Pendek Angkon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 31–40.

Gunawan, I. K. W., Nurkholis, A., & Sucipto, A. (2020). Sistem Monitoring Kelembaban Gabah Padi Berbasis Arduino. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), 1–7.

Gunawan, R. D., Napianto, R., Borman, R. I., & Hanifah, I. (2019). Implementation Of Dijkstra’s Algorithm In Determining The Shortest Path (Case Study: Specialist Doctor Search In Bandar Lampung). Int. J. Inf. Syst. Comput. Sci, 98–106.

Hana, P., Rusliyawati, R., & Damayanti, D. (2019). Pengaruh Media Richness Dan Frequently Update Terhadap Loyali Tas Civitas Akademika Perguruan Tinggi. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 7–10.

Irawan, A. A., & Neneng, N. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus Sma Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 245–253.

Isnaini, F., Aisyah, F., Widiarti, D., & Pasha, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Pada Kopkar Bina Khatulistiwa. Jurnal Tekno Kompak, 11(2), 50–54.

Jupriyadi, J., Hijriyanto, B., & Ulum, F. (2021). Komparasi Mod Evasive Dan Ddos Deflate Untuk Mitigasi Serangan Slow Post. Techno. Com, 20(1), 59–68.

Lestari, F., & Aldino, A. A. (2020). Pemilihan Moda Dan Preferensi Angkutan Umum Khusus Perempuan Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Teknik Sipil: Rancang Bangun, 6(2), 57–62.

Maulida, S., Hamidy, F., & Wahyudi, A. D. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan (Studi Kasus: Ud Apung). Jurnal Tekno Kompak, 14(1).

Megawaty, D. A., Damayanti, D., Assubhi, Z. S., & Assuja, M. A. (2021). Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komputasi, 9(1), 58–66.

Megawaty, D. A., & Putra, M. E. (2020). Aplikasi Monitoring Aktivitas Akademik Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Xyz Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 65–74.

Megawaty, D. A., & Santia, D. (2019). Assessment Of The Alignment Maturity Level Of Business And Information Technology At Cv Jaya Technology. 2019 International Conference On Computer Science, Information Technology, And Electrical Engineering (Icomitee), 54–58.

Nabila, Z., Isnain, A. R., Permata, P., & Abidin, Z. (2021). Analisis Data Mining Untuk Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma K-Means. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 100–108.

Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Aldino, A. A. (2021). Perbandingan Hasil Klasifikasi Jenis Daging Menggunakan Ekstraksi Ciri Tekstur Gray Level Co-Occurrence Matrices (Glcm) Dan Local Binary Pattern (Lbp). Smatika Jurnal, 11(01), 48–52.

Nurhuda, Y. A., Suryono, R. R., & Friansyah, D. K. (2017). Rancangan Arsitektur Sistem Berbasis Pengetahuan Obat Buatan Untuk Kebutuhan Swamedikasi. Annual Research Seminar (Ars), 3(1), 231–234.

Nurkholis, A., & Susanto, T. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(5), 978–987.

Pramono, S., Ahmad, I., & Borman, R. I. (2020). Analisis Potensi Dan Strategi Penembaan Ekowisata Daerah Penyanga Taman Nasional Way Kambas. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 57–67.

Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94–101.

Puspaningrum, A. S., & Susanto, E. R. (2021). Penerapan Dan Pelatihan E-Learning Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) Tabikpun, 2(2), 91–100.

Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24.

Rahmadani, E. L., Sulistiani, H., & Hamidy, F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Jasa Cuci Mobil (Studi Kasus: Cucian Gading Putih). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 22–30.

Rahmanto, Y., & Hotijah, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Geografis Kebudayaan Lampung Berbasis Mobile. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 1(1), 19–25.

Saputra, R. A., Parjito, P., & Wantoro, A. (2020). Implementasi Metode Jeckson Network Queue Pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus: Autoshine Car Wash Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 80–86.

Sarasvananda, I. B. G., Anwar, C., Pasha, D., & Styawati, S. (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus: Bp3tki Lampung). Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 1–9.

Sari, M. P., Setiawansyah, S., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework For The Application System Thinking)(Studi Kasus: Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 69–77.

Sensuse, D. I., Sipahutar, R. J., Jamra, R. K., & Suryono, R. R. (2020). Challenges And Recommended Solutions For Change Management In Indonesian E-Commerce. 2020 International Conference On Information Technology Systems And Innovation (Icitsi), 250–255.

Septilia, H. A., Parjito, P., & Styawati, S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Menggunakan Metode Ahp. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 34–41.

Sulistiyawati, A., Hasyim, A., & Suyanto, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Cd Tutorial Desain Grafis. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 1(7).

Surahman, A., Octaviansyah, A. F., & Darwis, D. (2020). Ekstraksi Data Produk E-Marketplace Sebagai Strategi Pengolahan Segmentasi Pasar Menggunakan Web Crawler. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 73–81.

Susanto, E. R., & Puspaningrum, A. S. (2020). Model Prioritas Program Pemerataan Ipm Di Provinsi Lampung Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 9–14.

Swasono, M. A., & Prastowo, A. T. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Infomasi Pengendalian Persediaan Barang. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 134–143.

Warsela, M., Wahyudi, A. D., & Sulistiyawati, A. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: Pt Fif Group). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 78–87.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-16

Terbitan

Bagian

##section.default.title##