PENGEMBANGAN WEB KOMUNITAS MENGGUNAKAN METODE PROTOTIPE (STUDY KASUS : CISC LAMPUNG)
Kata Kunci:
Sistem Informasi, Prototype, Website dan MySQLAbstrak
Saat ini pendaftaran masih dilakukan secara manual dengan mendatangi tempat pendaftaran yang berada di Roti pisang bakar ghifari Jl. Zainal Abidin Pagar Alam Bandar Lampung, para pendaftar hanya mengisi buku besar yang diberikan oleh divisi membership CISC Lampung. Dengan pendaftarn secara manual ini masih terdapat kendala antara lain, kemudian bagi pendaftar yang di luar bandar lampung sulit untuk mendaftar karena jarak tempuh yang sangat jauh sehingga menimbulkan ketidak efisienan waktu pendaftaran. Proses pencarian data juga sulit mengingat proses pencarian data yang berjalan disana masih dilakukan dengan cara memeriksa tiap berkas dimana memerlukan waktu yang lama dalam memprosesnya. Oleh karena itu perlu mencari alternatif lain untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan mencoba memperbaiki sistem yang masih dipakai selama ini di Chelsea Indonesia Supporters Club Regional Lampung dari yang masih secara manual menjadi sistem terkomputerisasi. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada maka penulis mengambil judul “Pengembangan web komunitas menggunakan metode prototipe (study kasus : CISC lampung)”.
Referensi
Abidin, Z., Sucipto, A., & Budiman, A. (2018). Penerjemahan Kalimat Bahasa Lampung-Indonesia Dengan Pendekatan Neural Machine Translation Berbasis Attention Translation Of Sentence Lampung-Indonesian Languages With Neural Machine Translation Attention Based. J. Kelitbangan, 6(02), 191–206.
Alim, S., Lestari, P. P., & Rusliyawati, R. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Metode Certainty Factor Pada Kelompok Tani Pt Olam Indonesia (Cocoa) Cabang Lampung. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 1(1), 26–31.
Anshari, A., Hirtranusi, S. A., Sensuse, D. I., & Suryono, R. R. (2021). Face Recognition For Identification And Verification In Attendance System: A Systematic Review. 2021 Ieee International Conference On Communication, Networks And Satellite (Comnetsat), 316–323.
Arpiansah, R., Fernando, Y., & Fakhrurozi, J. (2021). Game Edukasi Vr Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode Mdlc Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 88–93.
Audrilia, M., & Budiman, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus: Bengkel Anugrah). Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1), 1–12.
Borman, R. I., Megawaty, D. A., & Attohiroh, A. (2020). Implementasi Metode Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Biji Kopi Robusta Yang Bernilai Mutu Ekspor (Studi Kasus: Pt. Indo Cafco Fajar Bulan Lampung). Fountain Of Informatics Journal, 5(1), 14–20.
Borman, R. I., Putra, Y. P., Fernando, Y., Kurniawan, D. E., Prasetyawan, P., & Ahmad, I. (2018). Designing An Android-Based Space Travel Application Trough Virtual Reality For Teaching Media. 2018 International Conference On Applied Engineering (Icae), 1–5.
Dinasari, W., Budiman, A., & Megawaty, D. A. (2020). Sistem Informasi Manajemen Absensi Guru Berbasis Mobile (Studi Kasus: Sd Negeri 3 Tangkit Serdang). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 50–57.
Fadly, M., Muryana, D. R., & Priandika, A. T. (2020). Sistem Monitoring Penjualan Bahan Bangunan Menggunakan Pendekatan Key Perfomance Indicator. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(1), 15–20.
Fitriana, R., & Bakri, M. (2019). Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Akademik Menggunakan The Open Group Arsitekture Framework (Togaf). Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 24–29.
Gunawan, I., & Fernando, Y. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2).
Gunawan, I. K. W., Nurkholis, A., & Sucipto, A. (2020). Sistem Monitoring Kelembaban Gabah Padi Berbasis Arduino. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), 1–7.
Hermanto, E., Setiawansyah, S., & Hamidy, F. (2021). Application Of Accounting Information System For School Committee Finance. The 1st International Conference On Advanced Information Technology And Communication (Ic-Aitc).
Irawan, A., Rohaniah, R., Sulistiani, H., & Priandika, A. T. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Servis Komputer Di Kota Bandar Lampung Menggunakan Metode Ahp. Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 30–35.
Isnian, A. R., & Suaidah, Y. T. U. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Peneriisnian, A. R., & Suaidah, Y. T. U. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Asisten Dosen Pada Perguruan Tinggi Teknokrat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jupiter, 2(1).Maan Asisten Dosen Pada Pe. Jupiter, 2(1).
Juliyanto, F., & Parjito, P. (2021). Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen Surat Pada Pt Alp (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 43–49.
Kuswanto, H., Pratama, W. B. H., & Ahmad, I. S. (2020). Survey Data On Students’ Online Shopping Behaviour: A Focus On Selected University Students In Indonesia. Data In Brief, 29, 105073.
Lestari, I. D., Samsugi, S., & Abidin, Z. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pekerjaan Part Time Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung. Telefortech: Journal Of Telematics And Information Technology, 1(1), 18–21.
Ningsih, S., & Saniati, S. (2018). Eksperimen Pengenalan Ucapan Aksara Lampung Dengan Cmu Sphinx 4. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 33–37.
Nurkholis, A., Muhaqiqin, M., & Susanto, T. (2020). Analisis Kesesuaian Lahan Padi Gogo Berbasis Sifat Tanah Dan Cuaca Menggunakan Id3 Spasial (Land Suitability Analysis For Upland Rice Based On Soil And Weather Characteristics Using Spatial Id3). Juita: Jurnal Informatika, 8(2), 235–244.
Prastowo, A. T., Darwis, D., & Pamungkas, N. B. (2020). Aplikasi Web Pemetaan Wilayah Kelayakan Tanam Jagung Berdasarkan Hasil Panen Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Komputasi, 8(1), 21–29.
Putri, S. E. Y., & Surahman, A. (2019). Penerapan Model Naive Bayes Untuk Memprediksi Potensi Pendaftaran Siswa Di Smk Taman Siswa Teluk Betung Berbasis Web. Universitas Teknokrat Indonesia.
Rahmanto, Y. (2021). Digitalisasi Artefak Pada Museum Lampung Menggunakan Teknik Fotogrametri Jarak Dekat Untuk Pemodelan Artefak 3d. Jurnal Coreit: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 13–19.
Rahmanto, Y., Rifaini, A., Samsugi, S., & Riskiono, S. D. (2020). Sistem Monitoring Ph Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam, 1(1), 23–28.
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 24–31.
Saputra, R. A., Parjito, P., & Wantoro, A. (2020). Implementasi Metode Jeckson Network Queue Pada Pemodelan Sistem Antrian Booking Pelayanan Car Wash (Studi Kasus: Autoshine Car Wash Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 80–86.
Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Comics As Learning Medium During The Covid-19 Pandemic. Proceeding International Conference On Science And Engineering, 4, 330–334.
Sari, M. P., Setiawansyah, S., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework For The Application System Thinking)(Studi Kasus: Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 69–77.
Styawati, S., Ariany, F., Alita, D., & Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 1(2).
Suaidah, S., Warnars, H. L. H. S., & Damayanti, D. (2018). Implementasi Supervised Emerging Patterns Pada Sebuah Attribut:(Studi Kasus Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Apbd) Perubahan Pada Pemerintah Dki Jakarta). Prosiding Semnastek.
Sucipto, A., Fernando, Y., Borman, R. I., & Mahmuda, N. (2019). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Diagnosa Penyakit Saraf Tulang Belakang.
Sulistiani, H., Yanti, E. E., & Gunawan, R. D. (2021). Penerapan Metode Full Costing Pada Sistem Informasi Akuntansi Biaya Produksi (Studi Kasus: Konveksi Serasi Bandar Lampung). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 35–47.
Suryono, R. R. (2019). Financial Technology (Fintech) Dalam Perspektif Aksiologi. Masyarakat Telematika Dan Informasi Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 52.
Suryono, R. R., Budi, I., & Purwandari, B. (2020). Challenges And Trends Of Financial Technology (Fintech): A Systematic Literature Review. Information, 11(12), 590.
Suryono, R. R., Nurhuda, Y. A., & Ridwan, M. (2019). Analisis Perilaku Pengguna Sistem Informasi Pengetahuan Obat Buatan Untuk Kebutuhan Swamedikasi. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 1–4.
Suryono, R. R., & Subriadi, A. P. (2016). Investigation On The Effect Of User’s Experience To Motivate Playing Online Games. Journal Of Theoretical & Applied Information Technology, 86(1).
Tarigan, D. P., Wantoro, A., & Setiawansyah, S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Mobil Dengan Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus: Pt Clipan Finance). Telefortech: Journal Of Telematics And Information Technology, 1(1), 32–37.
Wajiran, W., Riskiono, S. D., Prasetyawan, P., & Iqbal, M. (2020). Desain Iot Untuk Smart Kumbung Thinkspeak Dan Nodemcu. Positif: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 6(2), 97–103.
Yanuarsyah, M. R., Muhaqiqin, M., & Napianto, R. (2021). Arsitektur Informasi Pada Sistem Pengelolaan Persediaan Barang (Studi Kasus: Upt Puskesmas Rawat Inap Pardasuka Pringsewu). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 61–68.
Zanofa, A. P., Arrahman, R., Bakri, M., & Budiman, A. (2020). Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(1), 22–27.